Bermain di kelas
sport Free For All (FFA) bagi tim Rehobat HK 88 Jaton Extrem Rated, Semarang
memang butuh pacuan yang mumpuni. Disamping itu tim ini juga diperkuat oleh
pembalap bertalenta asal Wonosobo Rizki HK.
Motor yang
mumpuni tidak terlepas dari korekan tangan dingin sang mekanik yang sudah
terbukti di berbagai ajang balapan, siapa lagi kalau bukan Imam Safi’I yang ada
dibalik keberhasilan motor keluaran tahun 2012 yang berlaga di kelas sport FFA
open ini.
Kolaborasi dari
motor dan pembalap tersebut cukup disegani di arena grasstrack yang saat ini
persaingannya sudah begitu ketat. Tanpa persiapan dan motor yang istimewa sudah
dipastikan podium juara akan jauh dari harapan.
Podium demi
podium telah berhasil diraihnya membuktikan bahwa perpaduan antara skill
pembalap dan kemampuan motor dipahami benar oleh mekanik sebagai dasar dalam
melakukan ubahan.
“Motor Ninja
sebenarnya sudah cukup kompetitif untuk dipakai balapan, dengan sedikit
memaksimalkan kemampuannya motor ini sudah cukup digdaya,”buka Imam Safi’i yang
ada di Malabar Motor, Semarang.
Semua sudah pada
tahu keistimewaan Kawasaki Ninja terletak pada silindernya yang sudah begitu
canggih. “Kita lakukan porting pada saluran Exaustnya, dengan harapan tenaga
dapat terkail,”tambahnya.
Lubang exhaust
atau buang tidak dipatok terlalu tinggi karena ditakutkan motor malah akan
menjadi liar saat melintas di tikungan.
Di motor 2 tak keberadaan lubang exhaust bisa dikatakan sebagai dasar
dalam melakukan ubahan selanjutnya.
“Untuk lubang
exhaust disetting diangka 33 mm diukur dari atas bibir silinder setelah kepala
silinder dilepas.,”beber mekanik yang banyak mendapatkan order dari luar jawa.
Ubahan pada
lubang exhaust berlanjut kepada saluran gas buang. Untuk urusan knalpot dipilih
aplikasi dari Yamaha YZ 125. Dengan sedikit penyesuaian pada bagian ram atau
kawat nyamuknya menjadikan power bawah semakin bengis.
Kelar di bagian
pembuangan, selanjutnya lanjut ke saluran yang mensupplay bahan bakar masuk ke mesin.
Untuk lidah katup buluh coba diganti untuk mendapatkan pemasukan bahan bakar
yang lebih banyak.
Lidah buluh
dipilihkan dari KX 125 yang ukurannya sudah sama persis dengan lidah buluh
standar motor Kawasaki Ninja. “kelebihan dari lidah buluh KX tidak cepat lembek
dan mampu memasukkan bahan bakar lebih banyak karena mampu membuka lebih
lebar,”terang Imam.
Tanpa merubah
karburator sebagai pengabut campuran bahan bakar dan udara, ubahan yang telah
dilakukan tersebut tidak akan memberikan efek yang signifikan. Untuk itu
karburator telah di upgrade dengan karbu PWM 38. Karburator PWM 38 adalah
standar karburator untuk motor-motor SE.
Terakhir,
pengapian juga aplikasi dari YZ 125 yang mempunyai magnet dengan bobot lebih
ringan. Sehingga performa diharapkan lebih maksimal dengan pembakaran yang
sempurna dan durability yang lebih lama.
Data Modifikasi
Knalpot : Pro Circuit
Karburator : PWM 38
Lidah membrane : KX 125
Pengapian : YZ 125
Tim : Rehobat HK 88 Jaton Extrem Rated