Minggu, 23 Maret 2014

Honda New Mega Pro 2011, Temanggung



Dapur Pacu Tiger
New Mega Pro pacuan dari Eddy Ariyanto yang bernaung di Tripple R R22Tech Arya 117, Temanggung, ini cukup beringas layaknya macan yang siap menerkam mangsanya. Di handicap dan tikungan motor ini cukup gesit. Terlihat pada event grasstrack beberapa minggu lalu yang digelar di Gedong Songo, kab. Semarang. Di kelas FFA Open motor ini cukup dominan mengungguli lawan-lawannya.
Kegesitan dan keagresifan motor keluaran 2011 ini tidak terlepas dari tangan dingin Aris Rudiyanto Selaku peracik. “Dapur pacu memanfaatkan dari Honda Tiger,”beber mekanik yang ada di Parakan, Temanggung ini.

Yang begitu kelihatan adalah pemakaian stang piston dari Honda Tiger. Honda New Mega Pro yang hanya mempunyai panjang langkah 57,8 mm diganti dengan stang piston Tiger yang mempunyai panjang 62,2 mm. otomatis panjang langkahnya naik  sebesar 4,4 mm.
“Jelas dengan kenaikan langkah piston sepanjang itu motor akan lebih bertenaga di putaran bawah, karakter motor tersebut sesuai dengan grasstrack yang treknya patah-patah,”tambahnya.

Sedangkan untuk piston juga aplikasi dari Honda Tiger, “Standarnya antara tiger dan Mega pro mempunyuai ukuran piston yang sama, kita pasangkan piston Tiger yang mempunyai diameter piston sebesar 68 mm,”jelasnya lagi. Sehingga kapasitas mesin akhirnya sentuh diangka 225,78 cc.  

Beralih ke konstruksi noken as, pengatur buka tutup katup ini dimodifikasi ulang untuk menghasilkan karakter motor yang diinginkan. “Durasi bukaan katup aku seting di 2800, baik untuk katup IN maupun katup EX,”cocornya.
Durasi tersebut di dapatkan dari pembukaan pada 600 sebelum TMA dan menutup 300 setelah TMB untuk katup IN. sedangkan untuk katup EX  membuka 610 sebelum TMB dan tertutup di 290 setelah TMA. “Ubahan tersebut menyebabkan karakter motor ini terhitung lembut dan mudah untuk dibawa,”tambah Eddy yang juga adik kandung sang mekanik.

Pengapian turut mendapatkan sentuhan, dipasok oleh magnet pengapian YZ 250 dengan busi NGK Racing dirasa sudah cukup untuk meladeni semburan bahan bakar yang berasal dari karburator PWK 28.
         
Data Modifikasi
Sok depan     : CRF 150
Sok belakang  : KTM
Knalpot       : FMF
Ban depan     : IRC 70/100 x 19
Ban belakang  : IRC 90/100x 16
Karbu         : PWK 28
Piston        : Tiger
Bengkel       : BMS Racing Team


Tidak ada komentar:

Posting Komentar