Dapur Pacu Tiger
New Mega Pro
pacuan dari Eddy Ariyanto yang bernaung di Tripple R R22Tech Arya 117,
Temanggung, ini cukup beringas layaknya macan yang siap menerkam mangsanya. Di
handicap dan tikungan motor ini cukup gesit. Terlihat pada event grasstrack
beberapa minggu lalu yang digelar di Gedong Songo, kab. Semarang. Di kelas FFA
Open motor ini cukup dominan mengungguli lawan-lawannya.
Kegesitan dan
keagresifan motor keluaran 2011 ini tidak terlepas dari tangan dingin Aris Rudiyanto
Selaku peracik. “Dapur pacu memanfaatkan dari Honda Tiger,”beber mekanik yang ada
di Parakan, Temanggung ini.
Yang begitu
kelihatan adalah pemakaian stang piston dari Honda Tiger. Honda New Mega Pro
yang hanya mempunyai panjang langkah 57,8 mm diganti dengan stang piston Tiger
yang mempunyai panjang 62,2 mm. otomatis panjang langkahnya naik sebesar 4,4 mm.
“Jelas dengan
kenaikan langkah piston sepanjang itu motor akan lebih bertenaga di putaran
bawah, karakter motor tersebut sesuai dengan grasstrack yang treknya
patah-patah,”tambahnya.
Sedangkan untuk
piston juga aplikasi dari Honda Tiger, “Standarnya antara tiger dan Mega pro
mempunyuai ukuran piston yang sama, kita pasangkan piston Tiger yang mempunyai
diameter piston sebesar 68 mm,”jelasnya lagi. Sehingga kapasitas mesin akhirnya
sentuh diangka 225,78 cc.
Beralih ke
konstruksi noken as, pengatur buka tutup katup ini dimodifikasi ulang untuk
menghasilkan karakter motor yang diinginkan. “Durasi bukaan katup aku seting di
2800, baik untuk katup IN maupun katup EX,”cocornya.
Durasi tersebut
di dapatkan dari pembukaan pada 600 sebelum TMA dan menutup 300
setelah TMB untuk katup IN. sedangkan untuk katup EX membuka 610 sebelum TMB dan
tertutup di 290 setelah TMA. “Ubahan tersebut menyebabkan karakter
motor ini terhitung lembut dan mudah untuk dibawa,”tambah Eddy yang juga adik
kandung sang mekanik.
Pengapian turut
mendapatkan sentuhan, dipasok oleh magnet pengapian YZ 250 dengan busi NGK
Racing dirasa sudah cukup untuk meladeni semburan bahan bakar yang berasal dari
karburator PWK 28.
Data Modifikasi
Sok depan : CRF 150
Sok belakang : KTM
Knalpot : FMF
Ban depan : IRC 70/100 x 19
Ban belakang : IRC 90/100x 16
Karbu : PWK 28
Piston : Tiger
Bengkel : BMS Racing Team
Tidak ada komentar:
Posting Komentar