Belah Pelek Belakang
JRJ (Jarjid)
Modified yang digawangi oleh Duwoh Hasono kembali menelurkan karya terbarunya.
Modifikator yang biasa dipanggil Mamad ini coba merombak tunggangan yang
dipakai sebagai motor hariannya. Setelah sebelumnya tampil dengan gaya Ducati
Monster, kali ini dia coba tampil total dengan ubahan yang radikal.
Hanya menyisakan
mesin dan sepasang sok depan dan belakang dari motor keluaran tahun 2009 yang
lainnya merupakan olah kreasi sendiri. “Motor ini full custom sehingga dari
segi tingkat kesulitan lebih tinggi,”beber pria yang tergabung di Minor Fighter
Salatiga ini.
Seperti pada
pelek belakang yang memilih untuk menggunakan variasi mobil. “Untuk pelek
belakang aku gunakan dari variasi mobil dengan melakukan beberapa
penyesuaikan,”bebernya.
Pelek variasi mobil
yang mempunyai ukuran diameter 17 inchi coba dikombinasikan dengan ban ukuran
190/55 dari Michelin. “Untuk menyesuaikan dengan ukuran ban terpaksa pelek kita
belah jadi dua,”terang modifikator yang juga berprofesi sebagai guru ini.
Lebar dari pelek
dipapas menjadi 6,5 inchi sehingga muat dipasangkan ban dengan ukuran 120/70. “Disamping
itu titik tengah ban bisa sesuai dengan titik tengah motor,”bebernya.
Dengan
konstruksi lengan ayun tunggal memaksa menata ulang letak piringan cakram dan
gir belakang. “Piringan cakram diletakkan dibagian tengah dengan terlebih
dahulu membuatkan dudukan dari plat,”jelas pemuda yang telah menguji kekuatan
motor ini dalam fighter day di Purwokerto kemarin.
Selanjutnya
untuk lengan ayun juga didesain ulang, menggunakan pipa besi dengan diameter
2,5 inchi. “Membuat lengan ayun tunggal model seperti ini harus paham benar
kekuatan dan titik beban dari motor, karena salah perhitungan malah akan
membahayakan saat dikendarai,”bebernya.
Berikutnya untuk
sok belakang tetap mengandalkan kekuatan standar dengan melakukan ubahan pada
unitracknya. “Unitrack kita buat lebih panjang sehingga posisi sok belakang
sedikit lebih rebah yang akan berpengaruh pada daya redamnya,”jelasnya lagi.
Pindah kebagian
depan, sok depan terlihat lebih berisi dengan cara akal-akalan. “Sok depan
tetap memanfaatkan sok standar hanya melapisinya dengan pipa besi yang
diameternya lebih besar,”tutupnya.
Tidak
ketinggalan juga tangki di kreasikan dengan tutup yang bisa membuka secara
hidrolis yang menurutnya mengacu pada tampilan motor robot yang ada di
transformer.
Data Modifikasi
Sok depan : Standar Custom
Pelek depan : V-Rossi
Ban depan : FDR 120/70 X 17
Pelek belakang : Variasi Y
Ban belakang : Michelin 190/55 X 17
Pro arm : Custom
Bengkel : JRJ Modified
Jl. Fatmawati / Solo-Semarang RT 05/05,
Sejambu, Kesongo, Kab. Semarang
(085726339223)