Andalkan Noken As Estillo
Pertarungan di
kelas bebek modif junior terlihat begitu seru, seperti yang nampak pada gelaran
Kejurnas seri 1 region 2 kemarin di Cilacap. Muka-muka baru dengan tunggangan
motor yang juga baru muncul di awal tahun ini, dan yang menjadi pusat perhatian
adalah Kriss PP, pembalap yang bernaung di tim Andree Connection D1 RD YMR,
Ternate.
Di seri pertama
kejurnas region 2 ini dia mampu menjadi yang tercepat meninggalkan jauh
lawan-lawannya.
Apa yang
membuatnya mampu menjadi terbaik dikelas tersebut tidak terlepas dari setingan
handal mekanik yang selalu mengawalnya. Yudhi Kucing menjadi aktor sukses
Jupiter keluaran tahun 2008 menjadi terbaik di seri 1 kejurnas region 2 ini
kali ini.
Pemilihan
komponen yang dipakai menjadi faktor utama yang menentukan. “Untuk noken as
dipilih dari noken as kepunyaan mobil Honda Estillo,”beber mekanik yang memilih
piston TDR.
Noken as mobil
Honda Estillo mempunyai dimensi lebar pinggang 31 mm dan tinggi 36 mm sehingga
memudahkan mekanik untuk bermain di durasi katup. Untuk durasi katup in maupun
ex dibuat sama yaitu bermain di angka 270 derajat. “Dengan durasi katup sebesar
ini maka putaran bawah bisa mengimbangi,”jelas mekanik yang beralamat di Jl. MT
Haryono no.94, Ponorogo, Jawa Timur.
Untuk diameter
piston dinaikkan sebesar 4,25 mm dari standarnya yang hanya 51 mm, sehingga
diperoleh diameter piston sebesar 55,25 mm. “Untuk stroke memang tidak
mengalami kenaikan alias masih standar yaitu 54 mm, sehingga kapasitas mesin
bengkak menjadi 129,5 cc,”jelasnya. Dari ubahan tersebut sudah nampak power
mesin yang dikejar sehingga karakter mesin seperti motor-motor over bore yang
mendapatkan power maksimal pada putaran menengah dan atas.
Berikutnya kinerja
sistem pengapian juga diperhatikan, untuk menghasilkan pembakaran yang besar
dan konstan maka dipakai magnet pengapian dari Yamaha YZ 85 yang dipadukan
dengan CDI Rextor. “Magnet Yamaha YZ 85 mempunyai diameter dan bobot yang lebih
kecil sehingga lebih cepat mengail putaran tinggi,”tambahnya.
Terakhir, supply
bahan bakar yang masuk ke ruang bakar dimaksimalkan. Dipilih karburator Keihin
PWK 28 yang dirasa cukup mudah dalam melakukan seting. “Disamping itu karbu ini
juga mempunyai respon yang sempurna dan flow lebih besar pada putaran
tinggi,”tutup mekanik kalem ini.
Data Modifikasi
Sok depan : YZ 85
Sok belakang : Kayaba
Karburator : PWK 28
CDI :
Rextor
Piston : TDR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar